32.8 C
Mojokerto
BerandaKABAR JATIMKemarau Panjang Pemerintah Kabupaten Malang Beri Bantuan Pompa Air ke desa Sumberagung...

Kemarau Panjang Pemerintah Kabupaten Malang Beri Bantuan Pompa Air ke desa Sumberagung Kecamatan Sumbermanjing Wetan

PRN Malang | Kekeringan membuat ratusan petani di Desa Sumberagung, Kecamatan Sumbermanjing Wetan waswas gagal panen. Guna mengantisipasi risiko akibat kekeringan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Malang menyalurkan bantuan pompa.

Kepala DTPHP Kabupaten Malang Ir. Avicenna M Saniputera M.T., M.H mengatakan, pihaknya sudah menyalurkan bantuan dua unit pompa air kepada petani. ”Disiapkan untuk back-up apabila ada kendala ketersediaan air.

Pejabat eselon II B Pemkab Malang itu menjelaskan, luas lahan pertanian di desa tersebut mencapai 18 hektare. ”Untuk tanaman padi sekitar 10 hektare,” kata dia. Sementara sisanya berupa tanaman jagung dan tebu. Kedua jenis tanaman tersebut tak memerlukan banyak air.

Saat ini, dia mengatakan, kondisi pertanian padi di wilayah tersebut masih aman. Sebab di sungai-sungai masih terdapat air. Sehingga mereka masih bisa memanfaatkan air tersebut untuk mengaliri sawahnya.

Sedangkan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Sumawe Ilham Setiawan mengatakan, penambahan dua unit pompa air berdasar permintaan petani. ”Butuh pompa air untuk tambahan air.

Ilham mengatakan, yang mengalami kekeringan ialah air ialah air bawah tanah. Sementara di sungai-sungai desa tersebut airnya masih tersedia. Dia menjelaskan, sawah di desa tersebut masih mengandalkan tadah hujan. Dari kekeringan yang lalu sawah tersebut juga di suplai dua unit mesin pompa. (W2)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini